Kamis, 15 Desember 2011

pEMOEDa Indonesia, BangkitLah!

"Pemuda hari ini, pemimpin masa depan"
Kata-kata ini bukan hanya isapan jempol semta. Pemuda, yang menjadi motor penggerak perubahan bangsa telah dirasakan dari dulu, mulai dari kebangkitan bangsa di tahun 1908, Sumpah pemuda di tahun 1928, sampai proklamasi kemerdekaan di tahun 1945. Bahkan era reformasi di tahun 1998 pun dipelopori oleh semangat pemuda yang merindukan perubahan bangsa ke arah yang lebih baik.

Sahabatku, jika Soekarno berkata, "Berikan Aku 10 Pemuda, akan kuguncang dunia", maka hari ini izinkan dengan semangat pemuda yang mengharu biru kita teriakkan, "Semangat Sumpah Pemuda, Semangat pemimpin muda penuh karya dan manfaat bagi sesama!"

Sahabat, hari ini bangsa kita tengah dijajah dari segala aspek, dari mulai ekonomi yang tidak stabil, politik yang carut marut, pendidikan yang menjadi komoditi, bahkan fashion dan life style pemuda yang sudah jauh dari jati diri bangsa Indonesia.
Jujur saja sahabat, bukankah anak bangsa hari ini banyak yang lebih senang nonton boysband kesayangannya di televisi, atau sekadar menghabiskan uang jutaan rupiah untuk mengikuti konser musik artis kesayangannya? Bukan hanya itu ternyata, rating acara lawakan naik daun. Bagaimana dengan semangat membaca dan berkarya? Jauh dari harapan.

Ramai-ramai orang untuk mengganti stylenya mengikuti boysband Korea, yang ga bisa ngedance gak gaul, yang gak pacaran ketinggalan jaman.
Inilah potret suram pemuda kita hari ini sahabatku, yang puluhan tahu yang akan datang akan mengisi kekosongan pemerintahan dan tampil menjadi pemimpin-pemimpin muda Indonesia. Budaya instan masih menjadi tradisi sebagian remaja dan pemuda, ingin kerja santai dan hasil melimpah, akhirnya penipuan di mana-mana, karakter jujur dan amanah jauh dari kenyataan, sebagian mengedepankan citra ketimbang memperbaiki karakter. Lengkap sudah penderitaan bangsa ini.

Namun saya yakin sahabat, justru di tengah krisis inilah, para pahlawan muda itu datang, yang tergerak untuk membuat perubahan sedikit demi sedikit, yang berkarya nyata walau banyak dicaci dan dikucilkan, yang niatnya lurus untuk memberdayakan, bukan untuk memperdaya.

Sahabat, sudah saatnya kita mulai berbenah diri, memperbaiki karakter diri dan sedikit demi sedikit mengukir prestasi. fokuslah dengan passionmu, jadilah ahli di bidang yang kau pilih, dan buatlah Indonesia tersenyum dengan karya nyatamu.

Indonesia butuh para pendidik yang berkarakter, jadilah kau salah satunya
Indonesia butuh para pengusaha yang cerdas, aku yakin engkaulah salah satunya
Indonesia butuh pemimpin yang adil dan berakhlaq, yakinkan itulah dirimu
Apapun profesimu, dimanapun posisimu, jadilah bagian dari perubahan bangsa ke arah yang lebih baik!


Salam SETIA! Salam Perubahan!
Dalam semangat Sumpah Pemuda!
Setia Furqon Kholid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar