Selasa, 02 Februari 2010

Resep Sukses PLP (Hadiah buatmu, Sahabatku !)

Selamat datang guru-guru kehidupan di sekolah peradaban ...

Semester ini, mayoritas sahabat-sahabat di jurusan kependidikan akan PLP (magangnya anak pendidikan). Salah satu rasa syukurku karena semeter yang lalu sudah menyelesaikan PLP tersebut, ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan. Biar Sahabat-sahabat sukses dan lancar, plus menjadi guru-guru kehidupan yang bukan hanya mendidik sekedarnya, bukan pula sekedar mendidik. Namun menjadi "kawah Candradimuka" yang kan mengantarkan Sahabat menjadi guru yang powerful, beautiful, dan ful-ful yang lain (He3x)

1. Ngaca dong ?
Nah... maaf banget untuk poin pertama ini, karena ini dialami oleh saya dan beberapa teman saat PLP. Bahkan ada teman yang rambut panjangnya telah disemai bertahun-tahun lamanya, eh.. saat PLP harus merelakan mahkotanya (rambut) dipotong. Iya dong.. masa sih Pak Guru gondrong ??

Belum lagi pakaian kita, siapin deh beberapa kemeja. Celana jeans, beberapa bulan ini simpen di laundry aja deh..

Buat teteh-tetehnya, bagus deh kalau mulai persiapkan baju-baju seperti ibu guru gitu. Yang penting sopan, ga ngetat, and syar'i tentunya (inget loh, siswa itu pada kritis. So, jadilah teladan bukan memberi teladan).

Yang udah kecanduan rokok... it's time to STOP !!
Iya dong... justru ini awal bagimu untuk memperbaiki diri.. Kan "Amat besar kemurkaan Allah, bagi orang yang mengatakan apa-apa yang tidak diperbuatnya"

Yang penting, sebelum berangkat ke sekolah, ngaca dulu deh.. takut-takut ada kebiasaan jelek kita yang masih melekat dan gak disadari

2. Siapin deh senjatanya
Wuih.. senjata apaan ? tenang saudara-saudara...
maksudnya senjata mengajar dong.



a. RPP
Nah biasanya kita disuruh buat Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran_) disesuaikan dengan kalender pendidikan. Hebatnya lagi, semuanya ditulis tangan di buku folio (Secara gitu loh.. padahal jarang nulis lagi. he3x. Bersiaplah belajar nulis lagi ya !!) juga diakhir sekolah minta juga dalam bentuk soft copy. Nah.. selagi baru awal-awal masuk, yuk .. nyicil dikerjain satu per satu. Biar sama materi dan silabusnya, boleh deh tanya ke dosen luar biasanya (Guru mata pelajaran di sekolah itu)

b. Media dan metode pembelajaran
Nah.. biar mentep.. Buat deh inovasi-inovasi media pembelajaran yang beda dari yang lain. Misalnya pake video, kuis di e-learning, blog, facebook, dan lain-lain. (Intinya.. gaul gitu Loch !!). Anak SMP kelas 1 aja udah punya FB. Nah.. kenapa nggak PDKT dengan media yang menarik minat mereka. Intinya... perbanyak keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Udah gak jaman lagi guru yang jadi pusat mendapatkan informasi.

c. Soal-soal
Yah.. siapin soal-soal yang akan diujikan. Masih inget khan dengan mata kuliah "Evaluasi Pembelajaran". Boleh deh dipelajari lagi gmna sih cara buat soal multple choice dan essay. Jangan lupa setelah mengujikan,menganalisis mna soal yang mudah, sedang dan sulit. Learning by doing aja !!

3. Jaga sikapmu

Ya.. Yang sering telat (kaya Furqon). Jangan sampae ditanya "kenapa telat ?" dijawab : "rumah saya jauh bu". Ditanya lagi "Dimana rumahmu". Eh keceplosan jawab "10 meter dari sekolah ini" .. Ketauan dech kesiangan bangunnya.

Ada juga loh guru PLP yang dibendci guru-guru karena sikapnya yang sok dan ga mau diatur. Nah.. yang penting jaga sikap kita. Niatkan untuk beribadah dan belajar menjadi guru sejati. gak ada ruginya kok

4. Manaje waktu dengan kesibukanmu yang lain

Betul nih.. kerasa banget waktu PLP kemarin, saya ngontrak skripsi juga. tapi, karena kesibukan PLP yang luar biasa menyita waktu (sebenarnya sibuk ngisi training dan bedah buku juga sih.. he3x) malah baru digarap di akhir-akhir semester.

Kan target lulus 4 tahun ? Yuk.. Smangat juga selesain skripsi.

5. Baca buku biru dan siapkan laporan individu dan kelompok
Baca guide book PLP biar lancar....
Siapkan laporan individu dan kelompok sejak dini

6. Siap deh dengan aturan
ada beberapa tugas yang wajib dilakukan.
1. Hadir d setiap Upacara Bendera
2. Piket Umum
3. Membina ekstra kurikuler atau OSIS
4. Piket Perpustakaan
5. Piket Bimbingan Konseling

Nah loh.. banyak banget ?? yah.. selamat deh menikmati dengan suka cita dan bahagia..

"Jadikanlah setiap hari sebagai momentum perbaikan diri, tuk lejitkan potensi diri dan raih prestasi hanya tuk Ilahi"


Your Brother,
Setia Furqon Kholid
Dierktur Setia Training Center
MASTER Trainer
Owner Seti@ Net dan Rumah Karya Publishing
085220412243 / 022 778198

2 komentar:

  1. Assalamu alaikum......
    numpang comment!!!!!
    Betul,brtul,betul.... Praktek ngajar sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran.... Perangkat2 mengajar harus disediakan sedari awal supaya tidak repot nantinya... Sungguh menjadi seorang guru tidak mudah, membutuhkan kesabaran dan keikhlasan..
    Teringat masa2 PLP (klu d mkassar dibilangnya PPL) yang bru berakhir bulan lalu, rindu dengan suausana itu kembali, berhadapan dengan adek2 SMA yang memiliki tingkah yang bermacam-macam....

    BalasHapus
  2. walaupun afri belum PLP/ PKL! tapi boleh juga ide dan sarannya! insya Allah afri akan laksanakan waktu PKL/PLP nanti! smoga sukses!

    BalasHapus