Kamis, 15 Desember 2011

The Miracle of "Action"

"Assalamualaikum, Mas Furqon, saya Andri dari keperawatan Unair
Saya ucapkan terima kasih bgt buat mas yg sudah memberikan inspirasi buat saya.. 
insyaAllah mulai hari ini saya akan belajar mandiri, dan alhamdulillah hari ini td saya sudah mendapatkan siswa yg akan saya les privat..
Minta doanya ya Mas.. Bismillah saya bisa"

"Assalamualaikum mkasih ka wat motivasi yang kemarin di uniar
sekarang sy dengan teman saya mau jualan acesoris di kampus ma di pasar minggu
mhon doanya dan bimbingannya"
ela_peserta bedah buku kemari di UNAIR

Subhanallah, bahagia sekali membaca 2 dari banyak sms yang masuk mengenai aksi yang dilakukan setelah mengikuti training "Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses". Sahabatku, banyak pertanyaan di seputar training, bagaimana sih biar motivasi saat training gak cepet hilang? saat training sih smangat, 1 bulan kemudian kendor lagi semangatnya.
Atau ada yang sering ikut seminar kewirausahaan, tapi kok nggak berani-berani juga jadi seorang pengusaha walaupun kecil-kecilan?

Alasannya hanya satu, "Kemauan kita untuk MENUNDA lebih kuat dibandingkan kemauan untuk ACTION".
Subuh tadi ditegaskan lagi oleh Ust. Yusuf Mansyur, bayangkan saat adzan berkumandang, panggilan dari Rabb semesta alam yang menguasai semua hajat dan kehidupan kita, masih sempet-sempetnya kita menunda. Masa ada bawahan bilang, "Tunggu dulu" ke majikannya, mana ada Kapolda yang nungguin Kapolres, yang ada sebaliknya. Tapi kenapa giliran sholat, kita melalaikan, bahkan Allah diminta nungguin kita?

Ya, ada kata-kata yang menarik, "Take Action, Miracle Happen". Ingat, Action!
Mas, saya ini ingin jadi mahasiswa sukses, IPK tinggi, mandiri, dan disayangi orang tua!
apa yang dilakukan? Menunda untuk belajar, nggak berani mulai buka usaha, dan membuat orang tua kecewa? Yakin deh susah terwujud. Tapi, sekalinya kita bergerak, seperti dalam bab Hukum Kelembaman di buku "Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses". Awal mendorong kemauan mungkin sulit, tapi saat kita sudah mencoba melakukannya, dan istiqomah untuk melakukannya, akhirnya yang asalnya sulit jadi mudah. boleh catat baik-baik kata-kata ini, "Seringkali ketakutan itu hanya ada dalam pikiran dan sebagian besarnya tak pernah terjadi".

Mau mulai usaha, apa yang mesti dilakukan? Buat bisnis plan yang bagus, oke juga sih tapi kalau itu malah mempersulit kita untuk memulai, lebih baik buat bisnis plan sederhana, lalu segera aksi,baru deh kita tahu mana yang mesti diperbaiki dari bisnis plan kita.

Teringat, saat kemarin mengisi training di UNAIR ada salah seorang peserta yang saya suruh ke depan, ternyata ia kuliah di UNESA, dan untuk bisa masuk kuliah, ia harus mengumpulkan uang selama 2 tahun lamanya sebagai tukang parkir di pinggiran kota. Bahkan sampai sekarang saat ia kuliah di tingkat 2, pekerjaan sebagai tukang parkir pun masih ia geluti. Tau nggak berapa penghasilannya selama 3 jam jadi tukang parkir, Rp.10.000. Subhanallah, walau hanya 10 ribu ia nikmati prosesnya, maka kami semua mendoakan dirinya untuk menjadi menteri perhubungan Indonesia suatu saat kelak. Ketika ditanya, malu nggak? Ia jawab, "nggak, karena saya ingin kuliah, dan ingin membahagiakan orang tua".

Ada kata-kata menarik mengakhiri catatan ini, seorang sahabat, Mas Dayat mengulangi kata-kata dosennya saat kemarin diminta melegkapi training Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses, "Hidup ini hanyalah sepanjang Beta dan Delta, Beta yang berarti Birth, dan Delta yang berarti Death. Dan diantara Beta dan Delta ada C yang berati Choice, Anda bisa memilih mau menjadi apa dan memilih hidup seperti apa?".

Selamat beraksi sahabatku,
biarlah Allah, Rasul dan orang-orang beriman yang akan melihatmu

Selamat Tahun Baru 1433 H.
Semoga umurmu berkah, rizkimu melimpah, dan masa depanmu cerah

Salam Setia!
Setia Furqon Kholid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar